+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id




LilMin 24 Februari 2022

5 Mainan Untuk Perkembangan Sensorimotor Si Bayi

Memilih jenis mainan untuk tumbuh kembang si Bayi memang harus teliti, moms.  Saat ini bahkan mainan bayi sudah semakin beragam sehingga bisa membingungkan Moms saat memilih mainan terbaik untuk si Bayi. Perlu diketahui salah satu hal penting yang perlu Moms perhatikan adalah perkembangan sensorimotor (Sensorik dan Motorik) si Bayi, lho! Pada usia 0-6 bulan ia akan mempelajari hal-hal baru sehingga hal ini dapat mom’s manfaatkan untuk merangsang perkembangan sensorik dan motorik si Bayi, salah satunya dengan mainan. Berikut adalah 5 Mainan Untuk Perkembangan Sensorimotor Si Bayi!

 

1. Playmat

Mainan ini sangat direkomendasikan untuk bayi dengan rentang usia 1-6 bulan. Memilih Playmat berwarna – warni adalah pilihan yang baik karena dapat memancing sensor motorik si Kecil. Playmat yang dapat mengeluarkan bunyi juga sangatlah baik untuk perkembangan kognitif si bayi. Bagian matrasnya pun akan membantu meningkatkan kemampuan otot perut si Kecil. Mainan bayi ini sangat direkomendasikan para pakar tumbuh kembang anak untuk bayi antara usia 1-6 bulan. Alas yang berwarna-warni memancingperkembangan sensor motorik si Kecil.

 

Playmat yang dilengkapi dengan musik ternyata juga baik untuk kemampuan kognitif bayi, terutama di usia empat bulan saat ia sudah paham dengan suara-suara yang biasa didengar. Bermain di matras juga membantu meningkatkan kemampuan otot perut si Kecil karena dengan mainan yang menggantung, ia akan terpacu untuk meraih mainan itu sehingga melatih kekuatan otot, leher dan lengannya.

2. Rattle

Rattle adalah mainan yang sangat direkomendasikan oleh para pakar tumbuh kembang karena sangat penting untuk stimulasi pendengaran dan penglihatan bayi. Mainan ini dapat mengajarkan si bayi tentang sebab-akibat, karena saat rattle tersebut diremas maka akan mengeluarkan bunyi. Jangan lupa memilih mainan rattle yang dibuat dengan bahan yang mudah dicuci ya, Moms!

 

3. Mainan Teether

Semua mama pasti tahu bahwa bayi sangat suka memasukan sesuatu (salah satunya mainan) kedalam mulut. Pada dasarnya bayi sangat senang mengeksplorasi benda – benda disekitarnya, sehingga karena itulah mainan Teether ini ada karena mainan ini dapat mengembangkan daya eksplorasi bayi dengan tanga, kaki, dan mulutnya. Tak lupa, teether juga dapat mengatasi rasa gatal pada saat gigi bayi baru muncul.

 

4. Buku-buku bergambar yang berbahan lembut

Buku, selalu bermanfaat bagi siapapun di usia berapapun termasuk untuk si Bayi. Dengan membaca buku bergambar, selain wawasan dan kemampuan kognitifnya meningkat, dapat mendekatkan ibu dan anak saat Moms mengajarkannya tentang gambar di buku tersebut. Untuk bayi yang masih sangat kecil, Moms dapat menggunakan buku berbahan lembut namun tetap kuat jika si Kecil memainkan buku tersebut.

 

5. Mainan di car seat atau stroller

Stroller kini semakin menjamur di kalangan orangtua milenial. Perlengkapan ini seakan harus ada di mobil saat berkendara membawa si bayi. Selain menjadi sandaran, Moms dapat menyediakan mainan kecil di dalamnya. Hal ini penting agar bayi tetap dapat bermain di mana saja di lingkungan baru.

 

Memilih mainan memanglah mudah, namun alangkah lebih efektif jika Moms dapat memilihkan mainan yang tepat dan bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil seperti 5 mainan untuk perkembangan sensorimotor si bayi tersebut.