08112059821 info@littlefriends.co.id



Manfaat bernyanyi bersama anak

LilMin 30 November 2023

5 Manfaat Bernyanyi Bersama Anak

Bernyanyi adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang disukai anak-anak. Apalagi jika Moms melakukannya bersama Littles. Manfaat bernyanyi bersama anak sangat banyak dan bagus untuk tumbuh kembang Littles. Melalui bernyanyi berbagai kemampuan Littles akan berkembang dengan optimal. Seperti kemampuan berbahasa, mendengarkan, cepat mempelajari hal baru, dan lain sebagainya.

Manfaat Bernyanyi bersama Anak

Littles sudah bisa mendengarkan lagu sejak ia masih dalam kandungan. Setelah lahir ajarkan Littles macam-macam lagu sampai ia hafal dan bisa menyanyikan sendiri lagu-lagu tersebut. Pilih lagu anak-anak yang mudah diingat dan punya cerita atau pembelajaran yang bisa Littles serap. Dengan begitu Littles akan memperoleh manfaat baik dari bernyanyi di antaranya yaitu:

Menambah Kosakata

Anak yang suka bernyanyi dan mendengarkan cerita dapat belajar banyak kosakata dengan perkembangan yang lebih pesat. Ketika bernyanyi Littles akan menerima macam-macam kosakata baru dan topik yang tidak bisa ia dapatkan dalam interaksi sehari-hari. Bayi yang masih belum mengerti kata-kata pun secara perlahan akan menangkap berbagai bunyi dan mampu membedakan kata.

Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

Selain memberikan banyak kosakata, bernyanyi juga membantu mengembangkan kemampuan Littles berbahasa. Saat Littles ikut bernyanyi, ia akan menggunakan otot-otot vokal miliknya untuk menghasilkan suara. Kegiatan ini akan mendorong kemampuan Littles berbicara. Bernyanyi juga bisa membantu Littles meningkatkan kelancaran berbicara dan pengucapan yang benar. Melalui lagu, Littles akan belajar ritme dan nada yang bagus untuk perkembangan kemampuan berbahasa.

Mengembangkan Kemampuan Mendengar

Manfaat bernyanyi bersama anak berikutnya yaitu mendorong perkembangan kemampuan mendengar. Littles akan belajar memahami isi lagu dan mampu mengikuti perintah. Misalnya jika Moms bernyanyi lagu “Kalau kau senang hati tepuk tangan” lalu Littles merespon dengan bertepuk tangan itu artinya Littles memahami intruksi yang diberikan. Kemampuan mendengar berperan penting untuk kebutuhan Littles belajar di sekolah. Mengembangkan kemampuan membaca dan rentang konsentrasi yang lebih panjang.

Baca juga: Manfaat Membacakan Buku untuk Anak

Percaya Diri

Bernyanyi dapat membuat Littles percaya diri. Saat benyanyi Moms mengajarkan Littles untuk menggunakan suaranya dengan berani dan bebas berekspresi. Ketika Littles bernyanyi, ia merasa mampu melakukannya tanpa takut salah. Sehingga memberikan rasa aman, percaya diri, dan membantu Littles mengendalikan emosinya. Bernyanyi bersama juga jadi salah satu cara membangun bonding antara Littles dengan Moms.

Media Pembelajaran

Aktivitas bernyanyi menjadi media pembelajaran yang memudahkan anak-anak memahami hal baru. Itulah mengapa di taman kanak-kanank atau preschool kegiatan belajar banyak menggunakan lagu. Moms bisa mengajarkan Littles berhitung, nama-nama binatang, warna, dan lainnya dengan cara bernyanyi. Termasuk mengajarkan Littles tentang kebiasaan-kebiasaan baik seperti membersihkan tempat tidur, menggosok gigi, dan merawat tanaman.

Manfaat bernyanyi bersama anak akan terasa sepanjang proses tumbuh kembangnya. Littles akan tumbuh menjadi anak yang kreatif dan percaya diri. Oleh karena itu luangkan waktu khusus untuk bernyanyi bersama Littles. Kenalkan berbagai macam lagu anak seperti kupu-kupu yang lucu, bintang kecil, balonku, dan lain-lain. Moms bisa gunakan Busy Book Kupu-kupu yang Lucu kolaborasi spesial Little Friends bersama Mydoremi. Buku yang mengenalkan Littles metamorfosis kupu-kupu ini dilengkapi berbagai fitur menarik yang interaktif. Salah satunya halaman yang jika ditekan akan mengeluarkan bunyi dan lagu. Moms jadi bisa bercerita dan bernyanyi bersama Littles menggunakan Busy Book dari Little Friends. Yuk miliki sekarang!

~NJ