+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id




LilMin 26 September 2022

Ajak Anak untuk Belajar Berbagi

Berbagi dengan orang lain saat sudah dewasa mungkin mudah, namun berbeda untuk anak-anak Moms. Perlu diajarkan dan dibiasakan sedari dini agar anak mengerti akan pentingnya berbagi. Berbagi juga merupakan ketrampilan yang perlu dikuasai agar anak jadi lebih mudah bersosialisasi dan diterima oleh masyarakat saat dewasa nanti. Jadi selalu ajak anak untuk belajar berbagi ya, ini beberapa cara yang telah Little Friends rangkum.

1. Jelaskan arti berbagi dan manfaatnya

Biasakan untuk memberikan penjelasan sederhana sebelum mengajarkan sesuatu kepada anak. Beritahu arti berbagi dan ceritakan juga apa saja manfaat berbagi bagi dirinya maupun bagi orang di sekitarnya. Mulai dengan hal yang dekat dengan anak, misalnya ajak anak untuk berbagi mainan dengan adik ataupun temannya. Ajarkan juga bahwa berbagi tidak cuma memberi namun juga bisa sekedar meminjamkan, jadi anak tidak perlu khawatir karena mainannya pasti kembali.

2. Jangan memaksa

Perhatikan usia anak saat akan ajak anak untuk belajar berbagi ya Moms. Biasanya usia di bawah lima tahun masih tidak mengerti akan konsep berbagi. Nah, jika anak masih tidak mau berbagi Moms boleh tanyakan apa alasannya terlebih dahulu. Kemudian berikan pengertian, jangan langsung meledek anak pelit ya. Tidak perlu memaksanya untuk berbagi juga ya Moms, selalu hargai keputusan anak. Memaksanya berbagi malah akan membuatnya malas dan trauma.

3. Memberi contoh nyata

Anak adalah peniru ulung, jadi salah satu cara terbaik untuk mengajarkan sesuatu pada anak adalah dengan memberi contoh nyata. Moms bisa mengajak anak berbagi ke panti asuhan, atau yang lebih simple mencontohkan berbagi makanan dengan Dads. Jangan lupa, saat berbagi Moms kembali memberikan penjelasan tentang arti dan manfaatnya ya.

4. Time sharing

Metode lain yang bisa Moms coba adalah time sharing atau membiasakan anak untuk bergiliran barang. Metode ini juga berguna saat anak berebutan mainan dengan saudaranya atau temannya. Atur waktu main anak dengan suatu barang, beri waktu beberapa menit sampai akhirnya bertukar mainan dengan saudaranya. Mungkin akan susah pada awalnya tapi dengan cara itu anak-anak perlahan pasti tau maksudnya dan mulai lebih mudah berbagi.

5. Pelan-pelan saja dan berikan apresiasi

Semua ada waktunya Moms, jika anak belum bisa mengerti dan tidak mau berbagi berarti memang belum waktunya. Pelan-pelan saja dan tetap jadikan hal itu suatu kebiasaan agar nantinya melekat ke diri anak. Yang terpenting selalu berikan apresiasi jika anak sudah melakukan hal yang baik dan benar, termasuk saat ia sudah mau berbagi. Sedikit kalimat “Good Job” akan membuatnya senang dan ingin berbagi lagi dan lagi. Oh iya, kasih tau juga ya apa saja batasan dalam berbagi, jangan sampai kebablasan juga.- LDK