+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id




LilMin 1 Agustus 2022

Belajar Parenting Ala Negara Jepang

Menjadi orangtua memerlukan pemebelajaran tanpa henti. Iya Moms, parenting atau pola asuh anak tidak bisa langsung kita kuasai, namun perlu belajar lagi dan lagi. Belajar parenting bisa dari mana saja, mulai dari yang terdekat yaitu orangtua dan mertua, dari kursus, webinar, maupun akun-akun Instagram. Bisa juga melihat dari parenting negara lain yang lebih maju dan sudah terbukti menciptakan generasi yang hebat seperti negara Jepang. Anak-anak kecil di Jepang sudah terkenal mandiri dan penuh sopan santun. Karakter tersebut tentunya karena pola asuh dari orangtua dan ternyata pemerintahnya pun memberi dukungan penuh. Penasaran nggak sih Moms gimana cara anak-anak Jepang berkarakter seperti itu? Yuk kita bersama belajar parenting ala negara Jepang.

1. Mandiri sejak balita

Anak-anak Jepang sudah belajar mandiri sedari kecil. Bahkan anak balita, usia 3 tahun sudah bisa pergi ke sekolah sendiri, biasanya sudah ada bis penjemputan sekolah. Belajar mandiri juga sudah mulai sejak anak masuk usia mpasi, dengan mengajarkan anak makan sendiri. Contoh lain, di supermarketnya, tersedia keranjang berukuran kecil agar anak bisa berbelanja sendiri.

2. Disiplin sejak dini

Orang Jepang sangat disiplin dan tepat waktu. Ternyata hal ini sudah ditanamkan sejak mereka masih kecil lho Moms. Anak-anak terbiasa memiliki jadwal harian seperti waktu untuk makan, waktu untuk bermain dan belajar. Dengan begitu anak pun jadi biasa untuk mengatur waktu sejak dini sekaligus belajar disiplin.

3. Bonding kuat dengan ibu

Keluarga di Jepang kebanyakan tidak memiliki asisten rumah tangga, jadi para ibu yang biasanya menyiapkan semua keperluan anak. Ibu-ibu Jepang sudah biasa melakukan aktivitasnya bersama anak. Hal ini membuat bonding dengan ibu menjadi kuat dan membuatnya menjadi role model untuk anak. Pemerintah juga memperhatikan para ibu yang bekerja, dengan memberikan layanan daycare untuk anak di bawah usia sekolah.

4. Memperhatikan pemenuhan nutrisi anak

Nutrisi anak di Jepang sangat diperhatikan, tidak hanya oleh orangtua masing-masing namun oleh pemerintah juga Moms. Ibu-ibu Jepang telah teredukasi tentang pola makan yang sehat. Para ibu yang sedang dalam masa kehamilan dan setelah melahirkan juga mendapatkan fasilitas konsultasi gratis tentang makanan sehat untuk anak. Sekolah-sekolah Jepang juga menyediakan makan siang sesuai dengan nutrisi anak sesuai usianya.

5. Melatih empati anak

Sejak kecil, anak-anak Jepang belajar untuk melihat sekeliling dan memikirkan orang lain yang bisa membuatnya berempati tinggi. Mereka sudah selalu diingatkan agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain baik di rumah maupun di tempat umum. Makanya anak-anak Jepang biasanya bisa duduk tertib saat ada di kendaraan umum dan juga tidak menangis keras atau tantrum di luar rumah.

Nah menurut Moms gimana nih apakah ibu-ibu Indonesia bisa belajar parenting ala negara Jepang? Walaupun tidak sepenuhnya bisa mengikutinya karena fasilitas pemerintah kita pun berbeda, namun kita coba terapkan ke parenting kita yuk.- LDK