+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id



si kecil bermain di lantai

LilMin 9 Juni 2022

Biarkan Saja Si Kecil Main di Lantai Moms!

Si Kecil suka sekali mengeksplor apapun, semua area seakan menjadi arena permainan olehnya. Yap, hampir seluruh bagian rumah tak lepas dari pandangannya. Lantai adalah area rumah yang paling sering jadi arena main anak, bener nggak Moms? Main di lantai/ melantai yang biasa disebut floor time ini ternyata banyak manfaatnya lho, bahkan bisa mengembangkan semua potensi Si Kecil. Jadi biarkan saja Si Kecil main di lantai Moms. Kali ini kami akan bahas beberapa manfaatnya, simak ya.

1. Bermain lebih leluasa dan aman

Bermain di lantai itu lebih leluasa dan aman. Tidak perlu takut anak terjatuh seperti misalnya sedang bermain di area yang lebih tinggi. Tentu saja juga lebih leluasa untuk meletakkan berbagai mainan. Konsekuensinya rumah akan terlihat berantakan. Solusinya, atur waktu floor time Si Kecil, letakkan beberapa rak mainan yang mudah digapai oleh Si Kecil, dan ajarkan ia untuk merapikan mainannya sendiri ya Moms. Ini juga termasuk salah satu cara melatih kemandirian anak lho.

2. Menjalin komunikasi verbal dan non-verbal dengan lebih baik

Saat melantai, posisi orangtua dan Si Kecil akan lebih sejajar, sehingga sering terjadi kontak mata. Kontak mata secara langsung ini bisa merangsang komunikasi Si Kecil lho Moms, juga berpengaruh besar terhadap perkembangan otaknya. Si Kecil pun akan lebih mudah melihat mimik wajah kita dan mempelajarinya.

3. Melatih perhatian/ fokus anak

Beberapa permainan floor time juga bisa melatih fokus anak. Misal permainan memindah-mindahkan barang. Pilih salah satu mainan Si Kecil yang berwarna mencolok lalu pindah-pindahkan mainan tersebut, dari situ Moms bisa mengetahui apakah Si Kecil bisa fokus atau tidak. Permainan ini sudah bisa dilakukan sedari anak bisa merangkak Moms.

4. Menstimulasi kekuatan otot inti

Si Kecil akan lebih banyak bergerak saat di lantai, dengan begitu otot-otot inti seperti otot kaki, lengan, dan punggung akan banyak terstimulasi. Otot Si Kecil akan semakin kuat jika sering melantai.

5. Menantang rasa ingin tahu

Permainan ini akan membuat lantaimu berantakan Moms. Caranya coba sebarkan beberapa mainan dengan bentuk-bentuk berbeda di lantai. Biarkan Si Kecil mengeksplor mainan-mainan tersebut. Kalo ia sampai asyik sendiri mencoba berbagai mainan tersebut, wah berarti Si Kecil sedang menantang rasa ingin tahunya tuh.

Banyak kan manfaatnya, jadi biarkan Si Kecil main di lantai ya Moms, namun pastikan selalu untuk membuat lantainya bersih ya. Moms juga bisa sediakan playmat atau karpet agar melantai jadi lebih nyaman.- LDK