+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id



bayi makan jagung

LilMin 7 Desember 2021

Jagung Dan Kesehatan Si Kecil

Menghindari kebosanan Si Kecil dengan menu MPASI yang itu-itu saja, mungkin Moms dapat memberikan opsi baru yaitu jagung. Selain enak, dan mudah mendapatkannya, jagung juga kaya dengan nutrisi. Beberapa orang tua mungkin mempertanyakana apakan jagung cocok dengan bayi, jika Moms juga mempertanyakanannya maka jawabannya: boleh. Namun memang terdapat beberapa hal untuk diperhatikan dalam penyajiannya. Jagung Dan Kesehatan Si Kecil memang sangat terkait sehingga pemberian jagung baiknya dalam bentuk yang sudah dihaluskan sehingga Si Kecil mudah untuk memakan dan mencernanya, namun pemberian jagung dengan bijinya sesekali boleh dilakukan dengan komposisi yang tidak banyak untuk merangsang masa teething nya. Selain itu, jagung tidak cocok untuk menjadi makanan utama sehingga pemberian menu konvensional seperti puree buah dan sayuran tetap perlu. Moms juga perlu memperhatikan apakah Si Kecil menunjukkan reaksi alergi atau eksim, jika tidak maka aman bagi si kecil mengonsumsinya.

Apablia Moms memberikan porsi jagung yang cukup dengan frekuensi yang tepat maka Si Kecil kana merasakan ragam manfaat seperti:

1. Membantu menambah berat badan

Jika Si Kecil memiliki berat badan yang terlalu rendah, maka pemberian MPASI berupa jagung adalah salah satu opsi yang baik. Jagung memiliki 350 kalori setiap 100 gam sehingga cukup baik bagi bayi yang kekurangan berat badan dengan kalori yang cukup besar namun tidak berlebihan. Bahkan, bagi bayi dengan berat badan normal, makan jagung akan membantunya untuk mempertahankan berat ideal tersebut saat Moms sudah berhenti memberikan ASI baginya.

2. Baik bagi pertumbuhan otak
Jagung terkenal dengan kandungan B kompleks yang sangat baik bagi perkembangan otak dan saraf. Kandungan ini juga akan meningkatkan metabolisme selain peran dari beberapa zat lain seperti protein dan folat bagi perkembangan sel-sel baru pada bayi.


3. Baik bagi pencernaan

Serat laxative merupakan hal yang paling menonjol dari jagung karena kandungannya yang tinggi. Hal ini akan sangat bermanfaat apalagi jika Si Kecil memiliki kesulitan pencernaan seperti konstipasi. Kembali lagi tetap dengan porsi yang cukup dan tidak menjadikannya sebagai makanan utama seperti buah dan sayur yang sangat baik untuk metabolisme Si Kecil.

4. Meningkatkan fungsi mata dan kulit
Jagung kuning sangat kaya vitamin A yang berperan sebagai antioksidan bagi kulit bayi yang masih rapuh. Selain itu, kandungan beta-karoten yang akan meningkatkan perkembangan daya lihat Si Kecil mengingat saat inilah perkembangan organ tubuh sedang tingi.,

Sedikit menyinggung, selain untuk kesehatan Si Kecil, jagung juga akan memberikan manfaat bagi Moms, lho! Berikut manfaat yang akan Moms dapatkan:
1. Membantu menghilangkan sembelit
2. Meningkatkan berat badan pasca melahirkan
3. Menghindarkan dari penyakit alzheimer
4. Menjaga kekebalan tubuh tetap prima
5. Meningkatkan daya ingat

Jagung Dan Kesehatan Si Kecil memang sangatlah dekat, memberikan jagung sebagai makanan kedua dengan porsi cukup akan sangat membantu meningkatkan kesehatan si kecil, Moms!