+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id



makanan penambah berat badan anak

LilMin 28 September 2022

Makanan Penambah Berat Badan Anak

Berat badan anak turun atau stuck di suatu angka memang bikin panik ya Moms. Bikin khawatir apakah Si Kecil ada masalah pencernaan, sampai menimbulkan perasaan tidak bisa mengurus anak dengan baik hiks. Santai Moms, tidak perlu langsung buru-buru ngasih makanan banyak ke anak. Tapi pilih makanan yang terbaik untuk anak, yang padat gizi dan tinggi kalori. Berikut ada beberapa rekomendasi makanan penambah berat badan anak.

 

1. Alpukat

Buah ini Sudah terkenal mengandung banyak lemak baik untuk tubuh. Alpukat sudah bisa diberikan sejak anak mulai MPASI, karena tekstur lembutnya pas untuk belajar makan. Berikan alpukat setiap hari Moms, kalau ingin anak cepat naik berat badan.

 

2. Telur puyuh

Telur puyuh merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Protein bisa membantu merangsang pertumbuhan Si Kecil. Rasa dari telur puyuh yang gurih juga sangat disukai oleh anak-anak, jadi tidak susah untuk mengajak anak makan telur puyuh. Cara olahnya pun mudah, tinggal direbus dan bisa disantap langsung, juga sangat enak dimasukkan dalam sup ataupun semur.

 

3. Susu

Kandungan gizi dalam susu sangat banyak, hal ini membuat susu menjadi penambah berat badan anak yang cukup cepat. Tapi ingat Moms, pilih susu yang sedikit atau bahkan tidak mengandung gula ya agar anak tetap sehat. Tidak juga harus susu formula yang mahal kok Moms, anak boleh minum susu sapi murni, susu uht, susu dari kacang atau biji-bijian, ataupun susu pasteurisasi.

 

4. Selai kacang

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin dan mineral, sangat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Kacang juga mengandung banyak lemak sehingga bisa menjadi makanan penambah berat badan anak. Cara mudah menambahkan kacang dalam menu anak adalah menjadikannya selai kacang. Sebaiknya jangan beli selai buatan pabrik ya Moms, tapi buat sendiri saja di rumah agar tidak terpapar pemanis buatan.

 

5. Santan

Bahan makanan satu ini juga menjadi yang terbaik untuk menambah berat badan anak. Kandungan lemak baik pada santan bisa mempercepat kenaikan berat badan Si Kecil. Mudah saja pengolahannya ya Moms, tinggal tambahkan dalam bubur atau minumannya. Bisa juga untuk campuran dessert dan makanan utama lainnya.

 

Berikan beberapa makanan penambah berat badan anak di atas secara rutin untuk hasil terbaik ya Moms. Periksa pula berat badan anak secara berkala, apabila tidak ada kemajuan segera hubungi ahli gizi anak ya.- LDK