+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id



skincare untuk bayi

LilMin 12 Juli 2022

Memilih Skincare yang Tepat untuk Bayi, Ini Tipsnya

Tak hanya orang dewasa yang membutuhkan perawatan kulit, bayi juga membutuhkannya lho Moms. Kulit bayi memang halus dan lembut, namun masih sangat tipis dan sensitif sehingga mudah banget terkena iritasi dan berbagai masalah kulit, seperti ruam, alergi, hingga kulit kering. Oleh karena itu bayi membutuhkan skincare yang tepat dengan formulasi khusus untuk bayi. Nah apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih skincare yang tepat untuk bayi? Ini dia beberapa tips-nya Moms.

1. Pilih sabun bayi dengan pH balance

Fyi, tubuh manusia juga memiliki pH, yang memberi petunjuk suatu zat bersifat asam atau basa. pH tubuh orang dewasa, berbeda dengan bayi. Nilai keseimbangan pH kulit bayi ialah sekitar 5.5. Oleh karena itu paling tepat menggunakan produk bayi atau sabun bayi yang juga punya kandungan pH 5.5 atau pH balance yang sesuai dengan pH kulit bayi. Moms juga harus lebih teliti ya, perhatikan kondisi kulit bayi setelah menggunakan suatu produk. Pastikan kulit bayi tidak kering, tidak mengelupas, dan tetap sehat.

2. Pilih produk yang bebas dari bahan kimia berbahaya

Saat memilih skincare untuk bayi, pastikan Moms membaca label bahan atau ingredients-nya ya. Beberapa bahan kimia seperti alkohol, SLS, dan paraben termasuk yang berbahaya untuk Si Kecil. Alkohol bisa menyebabkan kulit bayi jadi lebih kering dan iritasi, sedangkan SLS dan paraben juga bisa menyebabkan alergi di kulit bayi. Cari tau dengan lebih cermat kandungan yang terdapat dalam skincare bayi.

3. Pilih produk dengan pelembap yang aman untuk bayi

Moms bisa mencoba skincare dengan kandungan pelembap dari bahan alami seperti lidah buaya dan essensial oil lainnya. Pilih juga skincare dengan kandungan emolien yang direkomendasikan seperti ceramide yang bisa melembapkan sekaligus melindungi kesehatan kulit bayi.

4. Pilih produk Hypoallergenic

Hypoallergenic merupakan istilah yang menandakan suatu produk tidak menimbulkan reaksi alergi. Dengan kata lain jika memakai skincare dengan label hypoallergenic akan membuat kulit jadi lebih aman dan bebas alergi. Bukan berarti bebas sepenuhnya dari alergi ya Moms, tapi kandungan pemicu alerginya lebih kecil daripada produk tanpa lebal ini.

5. Pilih yang sudah teruji klinis atau dermatologically tested

Hal ini juga penting untuk diperhatikan, biasanya sudah tertulis juga pada label ya Moms. Uji klinis ini dilakukan untuk memastikan skincare bayi tersebut tidak mengandung bahan berbahaya dan aman untuk bayi. Jangan lupa pastikan skincare bayi Moms juga sudah terdaftar BPOM yaa.

Itu dia Moms, beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih skincare yang tepat untuk bayi. Sebelum membeli, teliti lagi kandungan yang ada dalam produk-produk tersebut ya. Selalu berikan yang terbaik untuk Si Kecil.- LDK