+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id




LilMin 15 Agustus 2022

Mengenalkan Hari Kemerdekaan kepada Anak

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia segera datang. Kemeriahannya sudah terasa sejak awal bulan Agustus. Bendera merah putih telah berkibar di jalanan maupun di rumah-rumah penduduk. Berbagai acara untuk menyambut 17 Agustus juga telah banyak digelar. Nah, manfaatkan momen ini untuk mengenalkan Hari Kemerdekaan kepada anak yuk Moms. Agar Si Kecil lebih mengenal sejarah negaranya dan mulai mencintai tanah air sejak dini. Lakukan beberapa cara ini yaa.

1. Ajak anak memasang bendera merah putih di rumah

Cari waktu untuk bersama-sama memasang bendera merah putih di rumah. Si Kecil bisa ikut mencoba mengikat ke tiang bendera ya Moms. Nah, sambil memasang bendera bersama bisa selipkan juga cerita tentang bagaimana proses adanya bendera merah putih sebagai bendera negara Indonesia. Moms juga bisa mengajak Si Kecil menghias kamar ataupun sepedanya dengan ornamen bendera merah putih.

2. Dukung anak berpartisipasi mengikuti berbagai perlombaan Hari Kemerdekaan

Biasanya setiap area perumahan atau perkampungan selalu mengadakan perlombaan untuk menyambut 17 Agustus. Moms bisa mengajak anak untuk mengikuti perlombaannya ya. Jangan lupa untuk sesuaikan perlombaan dengan umurnya dan jangan memaksakannya yaa, jika Si Kecil belum mau ikut lomba, Moms bisa mengajaknya untuk menonton perlombaan terlebih dahulu.

3. Mengenalkan lagu-lagu nasional

Mumpung sedang pas momennya, ajari anak untuk lebih mengenal lagu-lagu nasional yuk Moms. Seperti lagu Indonesia Raya, Garuda di Dadaku, dsb. Cara termudah tentunya dengan mengenalkan lagu-lagu nasional ini melalui YouTube, pilih chanel khusus anak yaa. Setelah itu tiap hari ajak anak menyanyikannya bersama.

4. Menonton Upacara 17 Agustus di Istana Negara melalui TV

Upacara 17 Agustus di Istana Negara menjadi momen mewah yang bisa kita tonton bersama melalui televisi. Jangan sampai kelewatan ya Moms. Di sini anak juga bisa mengenal prosesi upacara kenegaraan yang khidmat, menyaksikan pengibaran bendera, dan tentu saja melihat langsung Bapak Presiden Indonesia.

5. Bercerita tentang kemerdekaan Indonesia sebelum tidur

Paling seru rasanya bercerita bersama Si Kecil sebelum tidur. Spesial di bulan Agustus ini ceritanya ganti dulu ya Moms, dari dongeng-dongeng ala Disney ke cerita para pejuang memerdekakan Indonesia. Supaya lebih mudah, Moms bisa beli dulu buku cerita untuk anak tentang para pejuang Indonesia, jadi tinggal membacakannya Moms. Selain memupuk rasa cinta tanah air, bonding antar orangtua dan anak pun semakin kuat.

Tentunya masih banyak cara lain untuk memupuk rasa nasionalisme pada Si Kecil misal dengan membawanya ke museum. Namun lima cara di atas bisa jadi cara termudah yang bisa Moms coba untuk mengenalkan Hari Kemerdekaan kepada anak. Oiya, jangan lupa juga untuk selalu gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak ya Moms.- LDK