+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id




LilMin 16 Juni 2022

Persiapan Sebelum Anak Belajar Menulis

Banyak orangtua yang sudah gencar mengajarkan anak calistung, terutama menulis sedari dini. Namun bisa menulis bukan ketrampilan yang secara alami langsung dikuasai oleh Si Kecil lho Moms. Harus belajar sedikit demi sedikit dan juga melewati beberapa tahap perkembangan terlebih dahulu. Untuk itu Moms perlu persiapan sebelum anak belajar menulis. Salah satu persiapannya adalah dengan memperbanyak aktivitas yang bisa melatih otot tangan dan jari Si Kecil.

Otot tangan dan jari yang kuat dan lentur akan mempermudah Si Kecil untuk memegang pensil. Cara Si Kecil memegang pensil akan mempengaruhi kemudahannya belajar menulis. Bermain bisa membuat otot tangan dan jari anak menjadi lebih kuat lho Moms. Berikut Little Friends kasih beberapa contoh aktivitas bermainnya ya.

1. Bermain dengan kertas

Selembar kertas ternyata bisa menjadi bahan untuk memperkuat otot tangan Moms. Mudah banget caranya dan pasti Si Kecil suka nih. Yaitu latihan menyobek kertas, meremas kertas, dan melipat kertas. Messy sedikit tidak apa-apa ya Moms, nanti ajarkan juga Si Kecil untuk membereskan kertas-kertasnya ya.

2. Permainan dengan alat pencapit

Permainan ini akan melatih Si Kecil memegang dan menekan alat pencapit. Cara bermainnya juga mudah, Moms tinggal siapkan dua wadah, pom-pom atau biji-bijian, dan alat pencapit. Ajak anak untuk memindahkan pom-pom/ biji dari satu wadah ke wadah lainnya dengan menggunakan alat pencapit. Sudah banyak yang menjual permainan ini dalam satu paket lho Moms, jadi tidak perlu susah menyiapkan sendiri.

3. Bermain dengan pipet

Memindahkan air dengan pipet juga menjadi salah satu favorit Si Kecil nih. Ya iyalah, anak mana yang nggak suka main  air ya Moms hihihi. Selain melatih otot tangan dan jari anak untuk menekan pipet, di sini anak juga bisa belajar untuk mengetahui cara kerja alat pipet yang ternyata cukup rumit untuk dipahami oleh Si Kecil.

4. Permainan celengan

Ini jadi salah satu permainan yang bisa menyita waktu Si Kecil. Lucu banget lho Moms melihat Si kecil yang sedang fokus memasukkan koin-koin ke dalam celengan, gemas banget! Memegang koin dan memasukkan dalam celengan bisa melatih otot jari anak dan juga fokusnya.

5. Bermain dengan playdoh

Ternyata permainan playdoh juga bisa melatih otot tangan anak. Menggenggam playdoh, membuat berbagai bentuk, mencabik-cabik playdoh bisa melatih keluwesan tangan dan jari anak. Bermain playdoh juga melatih kreativitas Si Kecil.

Tentunya masih banyak lagi permainan lain yang bisa melatih otot anak sebagai persiapan sebelum anak belajar menulis. Semua bahan permainan tersebut bisa dengan mudah didapatkan di rumah, juga mudah ditemukan di toko-toko online termasuk Little Friends Official Shop. Ajarkan Si Kecil tahap demi tahap sesuai usianya agar tumbuh kembangnya optimal ya.- LDK