+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id




LilMin 26 Juli 2022

Tips Mengajak Si Kecil Membereskan Mainannya Sendiri

Pasti banyak Moms di sini yang suka pusing dengan banyaknya mainan yang berserakan di semua sudut rumah, yang kalau terinjak rasanya bikin ingin murka! Ups, sabar Moms daripada energinya keluar untuk marah-marah, mending salurkan dengan mengajarkan Si Kecil merapikan mainannya. Sedikit susah di awal tapi pasti akan bisa kalau terbiasa. Berikut beberapa tips mengajak Si Kecil membereskan mainannya sendiri.

1. Mulai dengan membereskan bersama

Jangan asal nyuruh-nyuruh aja ya Moms, yang ada Si Kecil malah jadi semakin malas membereskan mainannya. Mulailah dengan mengajak anak untuk membereskan mainannya bersama-sama. Si Kecil adalah peniru ulung, jadi berikan saja contohnya ia pasti akan ikutan tanpa perlu Moms kasih omelan.

2. Sediakan tempat penyimpanan mainan yang mudah terjangkau oleh Si Kecil

Kadang tempat penyimpanan mainan yang susah dijangkau menjadi penyebab Si Kecil malas membereskan mainannya. Misalnya tempat yang terlalu tinggi, berada terlalu jauh di ruangan lain, ataupun yang berat dan susah dibuka. Sebaiknya sediakan tempat penyimpanan mainan khusus anak-anak yang biasanya tidak terlalu tinggi dan berdesain mudah dibuka. Dengan begitu Si Kecil jadi lebih mudah membereskan mainannya.

3. Tambahkan sedikit keseruan

Si Kecil sangat suka yang seru-seru! Lagu dan musik ceria, tari-tarian lucu, hal-hal tersebut membuat anak jadi lebih bersemangat. Moms bisa juga menambahkan keseruan tersebut saat beres-beres mainan. Misal karanglah lagu bersih-bersih versimu sendiri dan mulai nyanyikan bersama Si Kecil. Lebih seru dan sehat daripada beres-beres sambal ngomel Moms.

4. Berikan jadwal bermain

Sebetulnya anak-anak itu sangat disiplin lho Moms. Jika sudah ada jadwal, biasanya mereka akan menepatinya. Tentukan saja jadwal bermain dalam sehari dan jangan lupa sounding ke mereka ya. Ingatkan juga jika waktu bermain sudah mau habis, dan ajak mereka untuk membiasakan membereskan mainannya.

5. Jangan lupa beri kepercayaan dan pujian

Pasti mulut rasanya gatal jika melihat Si Kecil memasukkan mainan yang tidak sesuai pada tempatnya. No interupsi ya Moms! Hargai usahanya dan berikan kepercayaan penuh saat dia membereskan mainannya sendiri. Setelah selesai, baru kasih tau mana tempat yang seharusnya tanpa marah-marah yaa. Jika ia sudah melakukan yang terbaik, berikan pujian yang tulus. Sampaikan pada Si Kecil bahwa ia sudah bisa membereskan mainannya dengan baik, ruangannya jadi bersih dan bagus. Pasti Si Kecil jadi senang dan akan semangat untuk membereskan mainannya esok hari.

Setelah lima tips mengajak Si Kecil membereskan mainannya sendiri di atas dijalankan, yang terakhir perlu dipunyai oleh Moms adalah kesabaran hehehe. Pelan-pelan saja ya Moms ngajarinnya, lama-lama Si Kecil pasti akan terbiasa dengan kegiatan ini. Karena dari membereskan mainan sendiri, Si Kecil akan bisa lebih belajar lagi tentang rasa tanggung jawab dan kemandirian.- LDK