+62 812-1121-1701 hello@littlefriends.co.id



anak menggambar dengan crayon warna warni

LilMin 11 Januari 2022

Warna Cerah Untuk Pertumbuhan Si Kecil

Warna cerah untuk pertumbuhan si kecil akan menjadi penting karena saat dia masih baru lahir tentu seluruh inderanya masih belum dapat berfungsi sempurna khususnya penglihatan. Lambat laun matanya akan matang dan mulai dapat melihat jelas di usia sekitar lima tahun. Beberapa ahli mata mengatakan bahwa sebelum memasuki usia itu, orang tua sangat perlu untuk menjaga dan melatih perkembangan mata si kecil untuk menghindarkannya dari kejanggalan mata secara fisik maupun perasaan agar dapat segera ditangani sebelum menjadi sulit diatasi.

Menurut  dr Ari Djatikusumo, SpM(K), dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), orang tua bisa memberikan bayi mainan berwarna cerah yang bertujuan agar mainan tersebut mudah dilihat dan menarik perhatiannya karena dengan begitu, otot matanya akan lebih berstimulasi aktif.
“Bayi kan bisa kaya ngeliatin muka orang, ngikutin, itu bisa distimulasi dengan objek-objek yang berwarna cerah. Pasti warna-warni kan mainan anak, nah itu salah satu cara menstimulasi kerja otot mata agar sinkron dengan otak,”

Selain fakta bahwa warna yang mencolok adalah hal yang penting untuk diperhatikan, ternyata warna cerah untuk pertumbuhan si kecil juga dapat terlihat berdasarkan kesukaannya karena setiap warna memiliki tipenya sendiri, berikut adalah warna dan sifatnya

Berikut adalah klasifikasi warna dan sifatnya yang dapat disesuaikan dengan ketertarikan si kecil:

1. Merah muda (Pink): Warna pink bagi anak – anak biasanya bermakna khayalan, sesuatu yang mengasyikan. dan bukan tidak mungkin si kecil akan menjadi seseorang yang demikian suatu saat!

2. Merah: Jika si kecil sangat menyukai warna ini kemungkinan ia memiliki ambisi tinggi untuk mencapai yang ia mau dan ia juga berpotensi menjadi seseorang yang berkepribadian ekstrovert.

3. Kuning: Si Kecil yang menyukai warna ini sangat cenderung akan menjadi pribadi bertipe pemikir. Menyusun perencanaan dan strategi adalah hal yang menyenangkan bagi mereka.

4. Hijau: Si kecil yang menyukai warna hijau biasanya memiliki sifat yang sangat penyayang. Pecinta warna ini biasanya cenderung mencari orang yang dapat menyamankannya.

5. Ungu: Courtesy Psychology Today menyebutkan bahwa anak balita yang menyukai warna ungu cenderung memiliki pola pikir di luar kebiasaan. Hal ini terjadi untuk menunjang kreativitas mereka yang tinggi.

6. Biru: Menurut laman Bustle, biasanya warna ini menjadi kesukaan bagi mereka yang sifatnya tenang. Bila balita moms sangat menyukai ini mungkin saja ia menjadi pribadi yang santai.

7. Oranye: Apabila si kecil menyukai warna oranye, bukan tidak mungkin ia memiliki karakter yang ramah dan suka bersosialisasi.

8. Hitam: Warna ini tidak hanya menjadi kesukaan oleh orang dewasa, tak sedikit anak balita menyukai warna hitam. Warna hitam sering menunjukkan kepribadian yang moody.

Dengan memahami potensi warna, papa mama dapat lebih mudah menentukan warna yang dapat menyesuaikan dengan kesukaan si kecil sehingga selain kemampuan penglihatannya meningkat, pertumbuhan kepribadiannya pun dapat berjalan dengan sangat baik!